Membuat Sofa dengan 3DMax 7 - BLOG GEUTANYOE

Breaking

Image Background (True/False)

ads header

Membuat Sofa dengan 3DMax 7




Kita akan mencoba untuk membuat sofa beserta meja dimana pertama kita buka program 3D Max, kebetulan yang digunakan oleh saya ini yaitu program 3DMax versi ke-7, setelah lembar kerja dari 3DMax sudah terbuka seperti yang terdapat pada tampilan berikut:



Membuat Senderan Tangan Sofa
Kemudian untuk langkah pertama dalam membuat sofa adalah membuat senderan tangan sofa:
1. Buat Box dengan parameter seperti yang terdapat pada tampilan berikut:



2. Agar dapat dibentuk dengan bebas, klik kanan di Box tersebut, klik menu convert to→convert to Editbale Mesh



3. Kini Box tidak dapat dirubah parameternya seperti pada langkah pertama, maka kita dapat memilih mengaktifkan modus Polygon:



4. Setelah itu agar objek yang telah kita buat tampak halu, maka dapat di klik panel Modify→Modifier List: Mesh Smooth, dan kemudian atur parameter iterationnya=2



5. Copy objek yang sudah kita bua dengan menahan tombol shift di keyboard, lalu drag sumbu Y agar pergeserannya tepat ke kiri dan ke kanan. Kemudian akan muncul kotak dialog Clone Option, aktifkan checklist Instance agar objek dapat berubah sekaligus sama seperti objek yang dicopy.



Membuat Senderan Badan Sofa
1. Sebelum rotasi objek, aktifkan tool Angles Snap Toogle , agar setiap objek yang kita pilih diputar selalu kelipatan 15 derajat. Untuk mengatur besar kecilnya dari sudut snap, klik kanan tool Angle Snap Toggle tersebut, maka akan keluar tampilan kotak dialog Grid And Snap Settings, atur Angle (deg)=15



2. klik tool Select and Rotate untuk membuat objek agar dapat berputar, jangan lupa sambil diputar sambil menekan tombol shift di keyboard, lalu drag salah satu objeknya sampai arahnya sesuai, setelah itu akan muncul kotak dialog Clone Option, dan checklist Copy agar objek berdiri sendiri




3. Atur posisinya dengan menggunakan tool Select and Move, maka seperti yang terdapat pada tampilan berikut:



4. Aktifkan Viewport samping sofa, agar tampilan objek lebih padat, maka kita dapat mengklkik kanan lalu pilih Smooth and Highlights. Aktifkkan juga Edged Faces untuk menampilkan garis atau segment pada objek di viewport.



5. Setelah itu objek sebelumnya sudah menggunakan Mesh Smooth, untuk melihat hasil MeshSmoothnya, meski kita sedang menggunakan di Modus Vertex, klik icon Show End Result on / off toggle.



Membuat Dudukan Sofa
1. Copy pegangan kursi yang telah kita buat, kemudian jangan sampai lupa sambil menekan tombol Shift pada keyboard, kemudian atur ukurannya di tool Select and Uniform Scale, kemudian dari keempat objek yang sudah terbentuk sofa tersebut kita gabungkan agar tidak terpisah ketika dipindahkan, dengan menggunakan tool Select Object. Klik Group→Group, utn tuk menggabungkannya misalkan kita beri nama kursi reffa seperti yang terdapat pada tampilan berikut:



Memberikan Material pada Sofa
1. Sofa yang telah kita buat tersebut sepertinya kurang sekali jika tanpa ada material yang membuat sofa tersebut terlihat realistis, maka kita memasukkan materilany dengan mengklik menu Rendering→Material Editor. Aktifkan slot 1, di tab Maps, kemudian aktifkan dengan mencheklist Diffuse Color, sampingnya None dan diganti dengan bitmap,OK.



2. Pilih Bitmap dengan file PAT0153.TGA di folder
seperti pada gambar disamping



3. Kemudian drag salah satu dari slot yang sudah ada materialnya, kemudian setelah materialnya berada pada sofa buatan kita, terlihat lebih distorsi atau stretch:



4. Untuk memperbaikinya kita dapat menggunakan menu Modify → Modifier List : Map Scaler(OSM), dan aturlah parameter scale-nya seperti berikut:



Membuat Meja Bundar
1. Untuk membuat meja bundar, klik tool create, ganti standard Primitives dengan Extended Primitives, maka dibawahny akan ada pilihan ChamferCyl, Dan atur parameternya, kemudian lakukan juga pemberian materialnya seperti pada sofa:



Copy 3 kursi Sekaligus dengan Array
1. sebelumnya mengcopy kursi reffa, atur sumbu putarnya, dan kemudian klik Hierarrchy→Pivot:Affect pivot Only



Maka akan terlihat seperti ini :


2. Bisa kita tambahkan dengan objek apapun pada meja agar terlihat terisi, misalkan teko, dengan menambahkan material seperti pada tampilan:



3. Kemudian kita juga bisa membuat sebuah lantai atau karpet memilih Standard Primirives kemudian Plane, kemudian agar terlihat bagus bisa kita tambahkan material yang mungkin cocok atau sesuai dengan keinginan masing-masing:

No comments:

Post a Comment

terimah kasih udh memberi masukan